Blog From Author

From showrooming to webrooming

Konsumen ingin tahu persis apa yang ingin mereka beli sebelum mereka memutuskan untuk benar-benar membeli. Maka tidak jarang mereka akan mencari tahu ke berbagai sumber sebelum akhirnya mereka memutuskan untuk membeli.
Dan kini teknologi yang semakin cerdas dapat membantu para pebisnis UKM untuk melakukannya. Mereka bisa membuat sebuah web yang bisa digunakan untuk melihat bagaimana produk atau layanan yang cocok dengan gaya mereka sebelum mereka akhirnya memesan produk tersebut. Dengan menampilkan foto produk atau ulasan layanan yang lebih dikenal dengan webrooming, mereka akan membantu konsumen secara visual bagaimana bentuk produk atau jasa yang cocok dan sesuai dengan apa yang mereka inginkan.
Salah satu contohnya adalah IKEA di Instagram, mereka melakukan banyak aktifitas luar biasa mulai dari pemasaran produk untuk segala usia, mereka menciptakan webrooming untuk konsumen yang sudah dewasa dan untuk baby boomer mereka menggunakan ruang pameran (showrooming) dan juga window shopping untuk menunjukkan produk mereka.