Blog From Author

Bagaimana teknologi merubah cara Anda memasarkan brand Anda?

Jika sekarang hampir semua orang di dunia menggunakan smartphone, dipastikan tidak lama lagi akan ada inovasi terbaru yang siap menggantikan smartphone.
Berikut dampak teknologi terkini terhadap marketing dan marketnya:

1. Perubahan utama terjadi pada customer secara langsung, dan bukan semata-mata perusahaan besar.
Begitu banyaknya akses dan sumber bagi customer dengan merajalelanya smartphone dan penggunaan internet membuat strategi marketing secara langsung bagi tiap customer dan masing-masing personanya harus disesuaikan agar sukses menargetkan dan mencapai objektif brand. Kini, kontrol dipegang penuh oleh customer. Customer sanggup mempengaruhi keputusan customer lainnya dan semakin responsif terhadap pengalaman yang dirasakan ketika mengadakan transaksi dan terhadap pesan marketing yang ditujukan untuk mereka.

2. Kemajuan teknologi kini suda berubah menjadi jauh lebih cepat
Semua perkembangan teknologi terjadi dengan sangat cepat dan dalam jeda waktu yang sangat singkat. Perubahan itu sendiri terjadi dengan sangat cepat. Teknologi yang baru biasanya tidak akan berpatokan pada bisnis, tapi cepat atau lambat semua teknologi akan mempengaruhi dan dipengaruhi bisnis sebelum bergeser ke tren terbaru.

3. Perubahan dalam akses virtual reality yang akan tersedia bagi siapa saja
Dalam tempo sebentar saja, teknologi akan mengalami penyesuaian dalam bentuk virtual reality, di mana semua hal akan bergantung pada gerakan mata, tangan, ketukan hingga gestur yang dilakukan sambil menghadap ke layar. Semuanya akan menjadi tiga dimensi dan teraugmentasi. Hal-hal yang nyata serta virtual akan saling berkaitan dan apa yang tadinya dua dimensi saja akan perlahan tapi pastu menjadi tersedia untuk dirasakan dan disentuh. Otomatis, cara berkomunikasi yang Anda ketahui pun akan mengalami penyesuaian. Hanya dengan headset dan gestur manusia, semuanya dapat dikontrol. Kini, market yang ada telah memasuki masa persiapan diri.

4. Riset untuk produk kini bergantung pada masyarakat dan generasi yang sebaya.
Kini, penentuan strategi marketing selanjutnya bergantung pada customer Anda sebelumnya dan mereka yang sebaya dengan target market Anda. Itulah sebabnya praktek endorsing semakin marak dan terbukti berhasil, karena target market Anda melihat dan mengikuti sosok yang mereka percayai yang memiliki kecenderungan seperti diri mereka masing-masing. Berkat teknologi, info mengenai suatu brand yang didapat dari kawan sebaya atau seseorang yang menjadi panutan dari target market Anda merupakan kunci dan jawaban atas riset yang dilakukan oleh target market Anda atas kebutuhan mereka.

5. Snapchat menjadi gerbang pembuka marketing contextual
Snapchat merupakan medium pionir yang memperkenalkan masyarakat terhadap konteks yang berlandaskan akan situasi yang tengah terjadi dan membuatnya menyenangkan. Karenanya, platform ini cukup mendukung para marketer untuk dapat menargetkan customer sesuai konteks kejadian di sekitar mereka, dengan mengombinasikan augmented reality dan konsep generasi sebaya yang menjadi penentu keputusan target market. Berkat Snapchat dan konsepnya, terjadi koneksi antara siapa target market Anda, di mana mereka berada dan apa strategi brand untuk berkomunikasi dengan target marketnya lewat konsep tersebut. Snapchat kini merupakan platform di mana brand dapat berkomunikasi langsung dengan target marketnya dan didengarkan, bahkan direspon, selain Instagram Story tentunya.