Blog From Author

Apps

Beberapa hari yang lalu ada broadcast dari Telkomsel bagi-bagi pulsa senilai 50ribu dan seperti biasa tanggapan masyarakatpun bermacam-macam, ada yg cuek ada yg tak percaya tapi lebih banyak yang mencoba dan mereka pun berteriak gembira mendapatkan tambahan pula 50ribu. Apakah Telkomsel memberikan gratis pulsa 50ribu dengan Cuma-Cuma? Tentu saja tidak, pepatah mengatakan “Tak ada makan siang yg gratis”.. Tentu saja ada syaratnya dan mudah sekali, anda cukup install MyTelkomsel Apps di smartphone anda, cantumkan nomor Telkomsel anda dan setelah itu anda mendapatkan pulsa senilai 50ribu. Mengapa Telkomsel melakukan hal tersebut?

Perkembangan digital sedemikian cepatnya, perubahan technology digital susul menyusul dan saling replace dengan yang ter-update. Mengapa Apps? Apps adalah aplikasi yang paling dekat dengan smartphone. Saat ini diperkirakan ada +/- 80 juta pengguna smartphone di Indonesia, dan sadar atau tidak sebagian besar pengguna telah meng-install apps seperti Agoda, Traveloka, Gojek dll.. 
Beberapa pebisnis mulai tersadarkan bahwa trend kedepan Apps sangat berperan dalam “customer-engagement” yang korelasinya adalah “customer-intimacy”. Jika Apps di-compare dengan website, coba anda masuk ke sebuah website, maka diperlukan beberapa step untuk masuk ke sebuah website. Tapi dengan Apps yang sudah terinstall di smartphone, maka customer cukup satu sentuhan untuk masuk ke sebuah Apps. 

Dengan demikian, Apps berpotensi untuk me-replace website. Lalu mengapa Telkomsel rela menyediakan pulsa 50ribu untuk installer MyTelkomsel? Coba lihat smartphone anda di halaman pertama, ada berapa Apps yang telah terinstall? Bayangkan jika suatu saat makin banyak Apps yang ingin di install ditengah keterbatasan memory.. so? Siapa yang duluan ter-install yang akan menempati space di setiap smartphone. 
Dan ingat, saat customer sudah nyaman dengan sebuah Apps, jangan harap customer akan berpindah ke lain hati. salam digital @haryoardito http://tinyurl.com/gvovt5d ‪#‎digitalmarketingclub‬