Blog From Author

Andy Rubin Pencipta Android

Andy Rubin adalah seorang berkebangsaan Amerika yang lahir pada tanggal 22 Juni 1963 di New Bedford, AS. Ia adalah anak dari seorang psikolog yang bekerja di New Bedford. Sejak kecil sebenarnya minat serta bakatnya dalam bidang elektronik terutama robot sudah sangat terlihat. Hal ini makin menjadi jadi ketika sang ayah memutuskan pindah pekerjaan dari sebelumnya sebagai psikolog menjadi seorang wirausaha di bidang barang elektronik.

Pada waktu itu Andy bisa semakin akrab dengan dunia robotik dan elektronik karena ayahnya sering menjadikan kamar Andy sebagai tempat penyimpanan barang elektronik yang akan dijualnya. Dari situ ia sering mengamati dan sedikit mengotak atik barang dagangan ayahnya. Meski terkadang membuat kesal ayahnya, tapi ayahnya tahu dan yakin bahwa anaknya mempunyai bakat dan minat yang besar dalam bidang tersebut.

Selepas menuntaskan masa kuliahnya ia mencoba peruntungan di salah satu perusahaan yaitu Carl Zeiss A.G. Di sana ia berada di divisi robotika seperti yang sudah ia impikan sebelumnya. Disana ia bekerja mengurusi jaringan serta perangkat produksi dari perusahaan optik tersebut. Namun karirnya di Carl Zeiss tidak bertahan begitu lama. Ia akhirnya memutuskan untuk resign dan pindah di sebuah perusahaan elektronik yang berbasis di Swiss.

Kejadian yang mengubah hidupnya terjadi pada suatu ketika dirinya sedang liburan di Cayman Island pada tahun 1989. Di sana secara tak sengaja dirinya bertemu dengan seseorang yang bernama Bill Caswell. Pada waktu itu Bill sedang pergi dan keluar dari hotel karena bertengkar dengan pacarnya. Andy yang melihat Bill merasa ingin menolong dan menawarkan tempat bermalam sementara. Dan tidak disangka bahwa sebenarnya Bill adalah seorang pekerja di Apple. Dan sebagai balas jasa, Bill menawarkan pekerjaan di Apple. Dengan sangat senang Andy menerima tawaran tersebut.

Di Apple ia mendapatkan banyak sekali pembelajaran dan tambahan motivasi. Pertama kali masuk ia ada di bagian manufacturing, meski pun hanya sebentar dan kemudian masuk ke bidang riset dan dipercaya menjalankan proyek Apple yaitu General Magic. General Magic sendiri merupakan project yang digadang gadang akan menjadi suksesor Apple di bidang perangkat telekomunikasi genggam. Namun apa mau dikata, proyek tersebut harus ditutup karena kurangnya minat pasar. Namun meskipun begitu Apple sedikit banyak memberikan pelajaran yang berharga bagi seorang Andy Rubin.

Lepas dari Apple pada tahun 1999, dirinya bersama beberapa rekan eks General Magic mendirikan perusahaan Danger Inc. Setelah beberapa tahun masa pengembangan, perusahaan pertama besutannya tersebut berhasil membuat perangkat portable dengan fungsi scanning dan information resource bernama Sidekick.
Sidekick mendapatkan perhatian dunia telekomunikasi pada waktu itu karena dianggap membawa pembaruan dalam mindset perkembangan IT. Dan pada tahun 2008, Microsoft membeli Danger dan meneruskan pengembangan Sidekick untuk menjadi produk telekomunikasi yang lebih matang. Beberapa tahun sebelum pembelian Microsoft tersebut, Andy memilih hengkang dari Danger karena ingin meneruskan mimpinya sendiri.

Andy Rubin Menciptakan Android
Awal Andy mengembangkan OS Android adalah manakala dirinya masih menjadi bagian dari perusahaan permodalan Redpoint Ventures. Pada tahun 2004 ini mulai mengembangkan Android, dirinya mengatakan bahwa Android lahir dari konsep sederhana yang ingin menyediakan sebuah platform yang fleksible dan bisa dapat didukung oleh banyak pihak ketiga, dengan begitu akan lebih meningkatkan keuntungan bagi pengembang perangkat dengan platform tersebut.

Setelah masa pengembangan OS tersebut bersama beberapa rekan seperti Andy McFadden dan Chris White, Andy akhirnya berhasil menciptakan OS Android. Dan tak butuh waktu lama Android menarik perhatian raksasa teknologi Google yang mengakuisisi Android pada tahun 2005. Dari sini pengembangan Android semakin dimaksimalkan. Salah satunya dengan mendirikan Open Handset Alliance yang memungkinkan kerja sama dengan produsen perangkat mobile yang ingin mendapatkan OS Android.

Sejak peluncurannya, Android banyak mencuri perhatian tidak hanya di negara asalnya Amerika namun hingga keseluruh dunia. Bahkan terbukti Android bisa mematahkan dominasi Windows Phone dan iOS yang ada saat itu.